Senin, 04 September 2017




PENGUNAAN METODE “RULE OF THUMB PRICING” 
UNTUK MEMAKSIMUMKAN LABA PETERNAK
AYAM BROILER DI KECAMATAN TUMPANG
KABUPATEN MALANG


Oleh :
Mohammad Dullah, SE., MM


Abstrak

Peningkatan sektor usaha riil di bidang peternakan ayam ras pedaging di kabupaten malang ini dari jumlah statistik sangatlah baik, tetapi akan berbanding terbalik jika dikaji secara mendalam mengenai output (laba) yang dihasilkan oleh para peternak. Pengembalian investasi atau Return on Investment (ROI) pada bisnis ini relatif kecil, ketergantungan akan pakan dari pabrik, ketergantungan bibit, investasi pembuatan kandang yang jumlahnya tidak sedikit, belum lagi Sumber Daya Manusia dan Manajemen peternak rendah sehingga perlu di kaji secara mendalam supaya para peternak ini tidak mengalami kerugian.
Oleh karena banyaknya permasalahan yang mesti diselesaikan oleh para peternak, maka penelitian ini membatasi dan berfokus pada upaya peningkatan laba peternak ayam broiler di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. penelitian ini berjudul "Pengunaan Metode “Rule of Thumb Pricing” Untuk Memaksimumkan Laba Peternak Ayam Broiler di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah “Penggunaan metode rule of thumb pricing untuk dapat memberikan laba yang optimal bagi peternak ayam broiler di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang”. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini secara umum dapat dijadikan referensi para calon-calon pengusaha muda yang mau terjun dibidang ternak ayam broiler sehingga mereka mampu memanajemen biaya dengan baik guna memaksimumkan laba produk ayam broiler.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan secara holistik. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang selama 1 Tahun mulai bulan April 2018 sampai dengan bulan Maret 2019.

Kata kunci : Rule of Thumb Pricing,Laba, Ayam Broiler


Share:

0 komentar:

Posting Komentar