Minggu, 03 September 2017



TAHU SUKE (SUSU DAN KEDELAI)


Oleh :
Mohammad Dullah, SE., MM

Abstrak

Produk olahan kedelai banyak tersebar dimana-mana bahkan kalau di pulau jawa, tempe dan tahu seperti makanan pokok yang harus ada di meja makan. Produk tahu yang dikembangkan oleh peneliti adalah produk lanjutan dari tahu nigarin dimana pembuatan tahu ini tidak menggunakan cuka serta tidak membutuhkan air banyak cukup dengan 7 liter air / 1 kg kedelai. Perbedaan mendasar dari tahu ini dengan tahu nigarin adalah pada bahan baku yang dipergunakan, jika pada tahu nigarin hanya menggunakan kedelai sedangkan pada tahu ini peneliti menggunakan kedelai dan susu sehingga hasilnya lebih lembut dan tentunya lebih gurih.
Produk ini dibuat dengan beberapa tahapan 1) Perendaman Kedelai, 2) Pemisahan Kulit dan Biji, 3) Proses Pembuatan meliputi penggilingan kedelai, penyaringan sari kedelai, pemanasan dan pencampuran susu dan pencampuran nigarin sebagai penggumpal, proses penyaringan dan pengepresan. Pemanfaatan Limbah meliputi pembuatan nuget dan minuman sari kedelai.
Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan tahu suke ini adalah : 1) dari segi proses pembuatan tahu suke ini lebih cepat dan lebih efisien sehingga dapat membantu pengusaha tahu ataupun pengusaha pemula untuk menjalankan usaha ini, 2) dari segi waktu jelas proses pembuatan tahu suke ini lebih cepat sehingga akan banyak menghemat waktu dan biaya operasional, 3) dari segi kesehatan, tahu suke ini lebih sehat dan aman dengan berbagai manfaat lebih yang diberikan sehingga akan memberikan rasa aman dan kepercayaan yang lebih dari konsumen dan calon konsumennya, 4) selain itu pula, pemanfaatan limbah produksi yang selama ini selalu menjadi masalah utama pembuatan tahu konfensional dapat diatasi dengan produk tahu suke isni, bahkan limbah yang ada dapat menghasilkan tambahan laba bagi pengusaha.

Key word : Tahu Suke, Kedelai, Susu dan Nigarin
Share:

0 komentar:

Posting Komentar