Minggu, 08 Mei 2011

Metode Pemberian Tugas, Kedisiplinan, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pemberian tugas, kedisiplinan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi kelas II SMA Ma’arif.
Populasi penelitian ini 60 Siswa. Populasi ini sekaligus sebagai sampel. Variabel yang diteliti meliputi Metode Pemberian Tugas, kedisiplinan dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas II SMA Ma’arif. Data diambil dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi ganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Metode pemberian tugas, kedisiplinan dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, secara parsial variabel Metode pemberian tugas berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar. Sedangkan variabel Kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar. Dan variabel motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar karena memiliki nilai Sig t : 0.272 > 0.05. Dari semua variabel bebas (independent) yang terdiri dari Metode pemberian tugas (X1), Kedisiplinan (X2) dan Motivasi belajar (X3) yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat (dependent) prestasi belajar (Y) adalah variabel Metode Pemberian Tugas (X1) karena memiliki nilai thitung sebesar 2.750.
Sebagai saran sebaiknya pihak sekolah lebih memperhatikan Metode pemberian tugas dalam belajar pembelajaran di sekolah, meningkatkan disiplin untuk meyokong tumbuhnya prestasi belajar siswa. Oleh karena Metode pemberian tugas merupakan faktor utama meningkatnya prestasi belajar siswa, maka selayaknya pihak sekolah untuk menginstruksikan kepada para guru untuk menerapkan metode tersebut.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar