Minggu, 08 Mei 2011

Pengaruh Pengetahuan Guru Tentang Manajemen Berbasis Sekolah, Kedisiplinan dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan guru tentang manajemen berbasis sekolah, kedisiplinan dan motivasi kerja terhadap prestasi belajar siswa SDN se Gugus Sekolah IV
Populasi penelitian ini 60 Siswa. Populasi ini sekaligus sebagai sampel. Variabel yang diteliti meliputi Pengetahuan guru tentang MBS, kedisiplinan dan Motivasi Kerja terhadap prestasi belajar siswa SDN se Gugus Sekolah IV. Data diambil dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi ganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Pengetahuan gutu tentang MBS, kedisiplinan dan Motivasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, secara parsial variabel Pengetahuan Guru tentang MBS berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar. Sedangkan variabel Kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar. Dan variabel Motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar karena memiliki nilai Sig t : 0.272 > 0.05. Dari semua variabel bebas (independent) yang terdiri dari Pengetahuan Guru tentang MBS (X1), Kedisiplinan (X2) dan Motivasi kerja (X3) yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat (dependent) prestasi belajar (Y) adalah Pengetahuan Guru tentang MBS (X1) karena memiliki nilai thitung sebesar 2.750.
Sebagai saran sebaiknya pihak sekolah lebih memperhatikan Pentingnya pengetahuan guru tentang MBS, tingkat disiplin untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena Pengetahuan guru tentang MBS merupakan faktor utama meningkatnya prestasi belajar siswa, maka selayaknya pihak sekolah untuk lebih meningkatkan Mutu dan kualitas para guru.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar