Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru, keterampilan mengajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran agama islam di SMA.
Populasi penelitian ini 60 Siswa. Populasi ini sekaligus sebagai sampel. Variabel yang diteliti meliputi Profesionalisme Guru, Keterampilan mengajar, dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran agama islam di SMA. Data diambil dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi ganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Metode Profesionalisme Guru, Keterampilan mengajar, dan Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, secara parsial variabel Profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar. Sedangkan variabel Keterampilan mengajar berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar. Dan variabel motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar karena memiliki nilai Sig t : 0.272 > 0.05. Dari semua variabel bebas (independent) yang terdiri dari Profesionalisme guru (X1), Keterampilan mengajar (X2) dan Motivasi belajar (X3) yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat (dependent) prestasi belajar (Y) adalah variabel Profesionalisme guru (X1) karena memiliki nilai thitung sebesar 2.750.
Sebagai saran sebaiknya pihak sekolah lebih memperhatikan Profesionalisme Guru dalam belajar pembelajaran di sekolah, meningkatkan keterampilan mengajar guru untuk menyokong tumbuhnya prestasi belajar siswa. Oleh karena Profesionalisme Guru merupakan faktor utama meningkatnya prestasi belajar siswa, maka selayaknya pihak sekolah untuk menginstruksikan kepada para guru menjadi lebih profesional untuk mencapai output yang memadai.
0 komentar:
Posting Komentar