Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SDN

Minggu, 08 Mei 2011

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SDN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tipe kepemimpinan
otokratik, Tipe kepemimpinan kharismatik dan Tipe kepemimpinan demokratis
terhadap kinerja guru di SDN.
Populasi penelitian ini 60 Guru. Populasi ini sekaligus sebagai sampel.
Variabel yang diteliti meliputi Tipe kepemimpinan otokratik , Kedisiplinan, Tipe
kepemimpinan demokratis terhadap Kinerja Guru di SDN. Data diambil dengan
kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi ganda.
Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 47.127 (sig : 0.000) α
= 0.05. Dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0.05). Karena nilai Fhitung 95.319
dengan tingkat Sig :0.00 < 0.05, maka hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian secara simultan variabel bebas
yang terdiri dari Tipe kepemimpinan otokratik (X1), Tipe kepemimpinan
kharismatik(X2) dan Tipe kepemimpinan demokratis (X3) perpengaruh terhadap
Kinerja guru.
Diketahui bahwa secara parsial variabel Tipe kepemimpinan otokratik ,
Tipe kepemimpinan kharismatikdan Motivasi memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap variabel Kinerja Guru. Dari semua variabel bebas (independent)
yang terdiri dari Tipe kepemimpinan otokratik (X1), Tipe kepemimpinan
kharismatik(X2) dan Tipe kepemimpinan demokratis (X3) yang memiliki
pengaruh dominan terhadap variabel terikat (dependent) prestasi belajar (Y)
adalah variabel Tipe kepemimpinan otokratik (X1) karena memiliki nilai thitung
sebesar 4.328
Sebagai saran sebaiknya pihak sekolah lebih memperhatikan Pentingnya
Tipe kepemimpinan otokratik , tingkat disiplin dan Tipe kepemimpinan
demokratis untuk meningkatkan Kinerja Guru. Oleh karena Tipe kepemimpinan
otokratik merupakan faktor utama meningkatnya Kinerja Guru, maka selayaknya
Kepala sekolah untuk lebih meningkatkan menerapkan Tipe kepemimpinan
otokratik tersebut.

0 komentar :

Posting Komentar